Friday, July 08, 2005

Temanku si Opel

Did I tell you that my sister gonna married? Ya ya ya. This married thing, mulai ngebuat gw mikir. Kemarin gw iseng2 telpon temen SMA gw, si Maya. Ya just say hi gitulah. Kebetulan udah 3 bulanan ini dia kerja di perusahaan kakaknya di Jakarta. Gw dah lama gak nanyain kabarnya.

Stelah ngobrol ngarul-ngidul, akhirnya obrolan kita berputar tentang kawin. Ya, dari dia gw tahu, temen deket gw waktu SMA, sebut saja si Opel, tenyata UDAH NIKAH!

“nang, kmu dah tau kabar terbaru?”
“hoh? Apa nih? Apa nih?, I like gossip!”
“si Opel dah kawin!”
“APAAAAAA?????”
“iya, skitar beberapa bulan kemarin,”
“CEWEKNYA HAMIL YA?”
“ngaco, emangnya elo. Dia nikah baik2 kok. Tapi skarang ini katanya ceweknya emang bener hamil. Hebat ya?”
“……..(speechless)”

fiuuh.

Oke, meski males, si Opel ini anaknya pinter. Terutama soal matematika, which is pelajaran yg paling gw benci! klo ujian Mat, gw pasti nyontek ma dia. Tapi klo bahasa inggris, dia pasti nanya ke gw.

Gw seneng ma dia, karena mau disuruh-suruh. Hehe. Smentara gw orangnya yg supermales gitu.
“Pel bli rokok ya!”
“Pel, motornya jokiin ya!”
“Pel temenin aku ke bengkel yuk!”
“Pel anterin beli ini!”
I know that’s sounds cruel. Sampe pedekate pun gw minta temenin dia. Pokoknya dimana ada Opel, pasti ada gw. Wah, kalo diinget2 seru banget lah. Banyak banget pengalaman aneh2 yg kita lakukan sama2. We are like brothers.

Waktu SMA, kita kalo main selalu bareng. Paling sering, mbolos bareng. Hehe, waktu itu sekolah gw blum terlalu ketat. Dulu skali bolos bisa 5-10 orang sekaligus. Pokoknya udah mirip kuliah gitu. Sekolah semaunya. Kalo males, ya bolos. Parah banget. Tapi denger2 skarang peraturannya diperketat. Skali ktauan gak masuk tanpa ijin, langsung panggil orang tua. Hauhuaa, rasain lo!

Klo kita mbolos, suka gak penting gitu. Pernah, pagi2 kita berdua males abis. Cabut. Trus kita ke Malang (bawa motor gw tentunya). Jarak Surabaya-Malang pake mobil = 1,5 jam, pake motor = hampir 2jam. Pulang pergi plus mainnya =5-6 jam.

Nyampe Malang, cuma muter2 gak jelas, trus makan Tahu Telor favorit kita berdua di alun2. Yep, itu adalah Tahu Telor terenak di dunia. Gak tau deh, sekarang orangnya masih jualan ato gak. Abis makan, pulang lagi. Sampe Surabaya, pas sekolah dah bubaran`.

Dan kita sering banget kayak gitu. Bolos, makan tahu telor di Malang, terus balik lagi. Bego gak sih?

Oke. Balik ke Opel. Meski bandel, sbenernya di lubuk hatinya terdalam dia itu cowok baik2. Jadi dia nakal cuma karena pengaruh lingkungan, ikut2an aja. Hobinya naik gunung dan sepak bola. Dia gak suka minum, gak suka nyimeng, gak suka main cewek.

Oya, selama SMA seinget gw dia gak pernah pacaran. Pernah skali jatuh cinta sama cewek, namanya Erinda. Tipe cewek alim-rumahan-gak macem2. Agak item, tapi manis.

Tapi karena kelamaan pedekate, si Erinda keburu disabet Giza. Temen gw yg tajir-kaya-mobilnya banyak. Patah hatilah si Opel. Wekeke. Nah rumah si Erinda ini masih satu gang sama rumah mantan gw. Tiap gw ajak main ke rumah mantan gw itu, si Opel slalu marah2. Katanya sih, traumatis. Hauhuahua.

Rumah Opel di deket kawasan Jarak. Iya, deket Dolly, yg konon katanya pelacuran terbesar di Asia Tenggara itu. Rumahnya sederhana. Keluarganya emang bukan orang berkecukupan. Opel ini anak tertua. Dia punya dua adik yg masih kecil2. Bapaknya udah tua banget. Tapi masih kerja. Klo kerja pake vespa warna merah tua. Sementara ibunya masih muda, dan jadi ibu rumah tangga. Secara tersurat, dia termasuk tulang punggung keluarganya gitu deh. Maksudnya, anak yg diarepin.

Sayangnya, begitu lulus, kita putus hubungan. Gw yang asik dengan kuliah, main, kerja, temen2 baru, pacar (waktu itu). Smentara dia, entahlah, gw sndiri gak tau. Abis dia gak punya telpon. Gw pernah 1-2 kali kerumahnya, tapi dia gak pernah ada. Kabar trakhir gw denger, dia kuliah di Institut Pembangunan. Trus kerja di Indomaret. Pernah jg bikin rental playstation.

Tahun lalu, klo gak salah sblom gw ngerjain skripsi, gw sempat mampir kerumahnya. Dan lagi-lagi dia gak ada. Kata ibunya, Opel udah kerja di Jakarta. Dalam hati, gw smpet iri dikit, anjrit, gw di duluin. Habis cita2 gw waktu itu kan pengin kerja di Jakarta.

Nurut ibunya, dia kerja sebagai kasir di Bank Indonesia. Wow, hebat! Gw tahu, Opel ini tipe cowok yg punya ambisi besar dan keinginan tinggi. Hidup udah menggemblengnya menjadi anak yg tangguh. Gw tau jalan pikiran dia jauh lebih dewasa dari gw. Dia punya cita2 tinggi.

Dari ibunya jg, gw tau klo si Opel ini tiap bulan mengirimkan sebagian uang gajinya. “Pokoknya dia pengin adik2nya bisa kuliah semua. Nanti dia yang usahakan cari biayanya,” kata sang ibu. Denger itu, sketika mata gw hampir berkaca-kaca.

Selanjutnya, pembicaraan gw dengan sang ibu mengisyaratkan kalau beliau begitu berharap, sekaligus bangga banget dengan Opel.

Ya Tuhan, betapa mulia hati si Opel. Di Jakarta yang biaya hidup mahal, dia masih berusaha menyisihkan duit untuk adik2nya. Yang paling gede sekarang ini emang udah SMA.

Dari sang ibu pula, gw dapet kabar klo si Opel ini udah menjalin cinta yang klo gak salah dengan temen masa kecilnya.

Waktu itu gw sempet dikasih no ponselnya. TAPI ILANG!! Begobegobego!

Skarang, kt temen gw si Maya, si Opel dan istrinya ngontrak rumah di Bogor. Dan dia masih kerja di Bank Indonesia. Daamn. Gw masih belum bisa ngebayangin aja gitu si Opel udah nikah n bakal punya anak. Man, its amazing to see how people can change.

Yah, selamat deh buat Opel, yang akan segera menjadi seorang ayahiri berat. Semoga selalu diberi kemudahan, rahmat dan hidayah-Nya Pak. Salute to you, bro! You’re the man!

Oya, Opel is a nick name. Nama aslinya bagus lho. Ari, Ari Yudhistira (kalo gak salah). Kenapa dipanggil Opel? Soalnya, dia punya tahi lalat lumayan gede diatas bibir sbelah kanan (deket idung). Dan, gw spontan menjulukinya Opel—dalam bahasa Indonesia berarti UPIL. Di pronounce kan OPEL, karena logat Jawa yg medok--.

Eh, gak taunya satu sekolah ikutan manggil dia OPEL.




Posted by Danevil

No comments: