Saturday, September 10, 2005

Once a Rocker, Always be a Rocker



Rolling Stones, Charlie Watts (kiri), Mick Jagger (dua dari kiri) Ron Wood (dua dari kanan) and Keith Richards (kanan), saat presskon di New York. Mereka akan menggelar tur dunia, yang dimulai di Boston 21 Agustus nanti.

Man, check out their faces! Udah keriput dan tua2 gitu. Klo gue umur segitu, paling lagi duduk di kursi goyang sambil ngerokok, nglamun, dan ngliat sinetron di tivi. Hihihi. Foto : AFP

iPod nano!



CEO Apple Inc. Steve Jobs, ketika memperkenalkan iPod nano di San Fransisco


Goodbye Mini, Hello Nano!
Apple Computer Inc. masih memegang 74 persen pasar pemutar musik digital di dunia saat ini. Agaknya, hal itu akan terus berlanjut. Karena Apple kembali meluncurkan varian iPod terbaru dengan desain cutting-edge. Kali ini lebih revolusioner, lebih kecil, lebih tipis, dan lebih stylish. Sambut kedatangan iPod nano!

IPod nano diperkenalkan pada publik Rabu, 7 September lalu di San Francisco, California. Steve Jobs, CEO Apple, menyebut nano sebagai revolusi terbesar yang dilakukan Apple sejak iPod orisinil pertama kali diluncurkan. ”Nano memiliki semua fungsi dan keistimewaan iPod, tapi dengan desain yang jauh lebih kecil dan tipis. Nano bakal menggebrak pasar pemutar musik portable,” koar Jobs.
Kedepannya, nano akan mengganti tempat sang kakak, iPod mini, yang lebih dulu populer dan sukses. Ya, Apple mengambil langkah berani dengan mendiskontinyu produksi iPod mini. Jadi, nano akan sepenuhnya mengisi dan menggantikan pasar mini di strata produk Apple.
”Membunuh iPod mini adalah langkah besar bagi Apple,” komentar analis Michael Gartenberg dari Jupiter Research. ”Perusahaan lain mungkin akan meningkatkan jumlah produksi atau menambah pilihan warna. Namun dengan desainer-nya yang hebat, Apple malah menghasilkan sebuah produk yang sangat baru dan sangat cool,” urai Gartenberg.
Seperti diketahui, iPod mini digemari karena bentuknya yang imut dan tipis, serta memiliki ragam warna-warni pastel. Mini hadir dalam dua model, 6 GB dijual seharga USD 249, sementara model 4 GB dibandrol USD 199.
Langkah membunuh produk paling populer, menggantinya dengan produk yang lebih baru dan canggih sebelum kompetitor mampu meluncuran knock-off, dan adalah strategi market yang jitu dan berani.
Stan Ng, director Marketing Produk iPod beralasan bahwa perusahaannya berusaha untuk terus berinovasi. ”Kami tidak bisa berdiam diri. Tagline nano sudah merepresentasikan semuanya, Impossibly Small (sangat kecil),” urai Stan.
Hal itu juga dimaklumi oleh Tim Deal, analis Technology Business Research. Kata Tim, sangat penting bagi Apple untuk terus menjaga agresifitas produk iPod, dan terus menjadi pemimpin di pemutar musik digital.
Apalagi, belakangan ini kompetisi pasar pemutar musik digital atau MP3 player jauh menjadi lebih sulit. Pesaing Apple seperti Creative, Zen, maupun Sony juga berlomba-lomba merilis produk dengan teknologi lebih canggih, serta desain lebih slim.
Hingga kini, perusahaan yang awal Februari lalu sudah menjual lebih dari 22 juta iPod di seluruh dunia itu masih memimpin pasar. Dengan download rate mencapai 500 miliar lagu, Apple memiliki 82 persen market share musik download secara legal di Amerika, juga 74 persen market share untuk semua jenis MP3 player.
Pada 2006 mendatang, Apple menyebut sekitar 30 persen mobil baru yang diproduksi di Amerika akan memiliki perangkat stereo yang kompatibel dengan iPod. Beberapa pabrikan yang sudah fix yaitu Acura, Audi, Honda dan Volkswagen.




ukurannya hanya segenggam tangan



Super Tipis, Kaya Fitur
Tidak dapat dipungkiri, keunggulan nano memang terletak pada ukurannya yang super-duper tipis dan mungil. Bayangkan, tebalnya hanya setengah dari iPod mini yang tipis itu. Ketebalan mini tak sampai 1.5 cm. Tebal nano ”Cuma” 0.6 cm!
Ukuran keseluruhannya pun hanya sepertiga ukuran mini. Panjangnya sekitar 9 cm dan lebar 4 cm. Beratnya pun kurang dari 1.5 ons (sekitar 42 gram).
Yang istimewa, nano memiliki semua fitur produk iPod. Mulai dari layar warna, aplikasi jam, stopwatch, dan beragam game. Bahkan, nano juga memiliki fitur screen lock untuk menghindari akses yang dilakukan oleh non-user.
Dan tentu saja, fasilitas click wheel yang sangat popular itu. Click wheel memudahkan pengguna untuk browsing lagu di dalam library, atau memindahkan menu. Cukup dengan menggesekkan jari telunjuk memutar ke permukaan tombol (touch pad control).
Urusan media penyimpanan, nano menggunakan flash memory chips, bukannnya hard disk drive yang digunakan oleh iPod mini dan model iPod lain yang berukuran lebih besar. Selain sebagai reduksi dari ukurannya yang tipis, flash memory membuat penggunaan baterai lebih irit. Nano menggunakan rechargeable battery dengan ketahanan selama 14 jam nonstop.
Nano hadir dalam dua tipe, model 4 GB dipatok dengan harga USD 249. Model ini mampu menampung sekitar 1000 lagu atau 25 ribu foto digital. Sementara model yang lebih kecil, 2 GB, seharga USD 199, mampu memutar 500-an lagu. Pilihan warnanya hanya dua, yaitu hitam dan putih.
Apple juga melengkapi nano dengan sederet aksesoris baru. Mulai dari lanyard headset, armband dengan warna-warna cantik, docks, serta case pelindung yang disebut ”nano tubes”.
Jobs memprediksi bahwa nano akan menjadi iPod yang paling populer diseluruh dunia. ”Ini akan menjadi produk iPod dengan penjualan tertinggi yang pernah diproduksi Apple, dan pemutar musik digital paling ngetop diseluruh dunia,” paparnya. Nano diperkirakan mulai dipasarkan akhir pekan ini, dan penjualannya diprediksi akan melonjak pada musim liburan yang dimulai bulan depan.



Rokr, ponsel pertama yang menggunakan aplikasi iTunes


Steve Jobs, ketika memperkenalkan Rokr

Rokr, Ponsel Yang Ngerock!
Bersamaan dengan dirilisnya iPod nano, Apple membuat kejutan lain dengan memperkenalkan produk ponsel berbasis musik yang menggunakan aplikasi iTunes player built-in. Namanya Rokr, hasil kerja sama Apple dengan pemegang pasar ponsel terbesar di Amerika, Motorola.
”Anggap saja Rokr adalah iPod Shuffle berbentuk ponsel,” ujar Steve Jobs, CEO Apple, saat mengeluarkan handset tersebut dari kantong celana jins-nya. ”Ini sangat cool,” tambahnya. Motorola Rokr memiliki kapasitas memori untuk menyimpan 100 lagu, camera phone untuk mengabadikan foto digital dan merekam video, layar warna, serta speaker dan headphone stereo.
Rokr memiliki fitur yang dimiliki kebanyakan ponsel berbasis MP3 lainnya. Misalnya musik akan berhenti secara otomatis bila ada telepon masuk. Atau, dengan mudah user dapat beralih dari fungsi ponsel ke fungsi MP3, dan sebaliknya. Pengguna pun masih tetap mampu mendengarkan musik sembari mengetik SMS, atau berfoto dengan built-in camera..
Yang membuat unggul, yaitu aplikasi iTunes yang terinstal di ponsel berwarna silver ini. Aplikasi tersebut memudahkan pengguna untuk menavigasi koleksi musik, menurut playlist, artis, album, atau lagu. Layar warna memudahkan pengguna untuk menikmati kover album, art gallery, atau foto penyanyi yang sedang didengarkan.
Headphone Rokr berwarna putih, menghasilkan kualitas sound sebening iPod.
Lewat iTunes Music Store, pengguna dapat langsung mendownload lagu-lagu favorit dari ponsel, audio book, atau melakukan podcasting. Kata Jobs, aplikasi iTunes yang digunakan adalah model terbaru yang sudah memiliki beberapa fitur tambahan.
Misalnya, iTunes akan secara otomatis menyesuaikan layar split screen, sehingga pengguna yang browsing di iTunes Music Store dapat melihat keseluruhan album, membatasi jumlah space kosong dibawah daftar lagu di bagian dasar panel.
”Kalau Anda seorang pengguna iTunes, Anda akan menyadari beberapa perubahan yang menjadikan aplikasi ini jadi jauh lebih mudah,” papar Jobs. Untuk akses internet, Apple dan Motorola menggamit Cingular Wireless, sebagai penyedia network untuk layanan download musik secara online lewat ponsel.
Jobs juga bilang, perusahannya telah melakukan perjanjian esklusif dengan diva pop Madonna, agar semua lagu istri sutradara Guy Ritchie itu bisa didownload melalui software iTunes online store. Hal yang sama juga dilakukan Jobs pada penulis buku superlaris, J.K Rowling.
Jadi, pengguna dapat mendownload keenam buku Harry Potter dalam bentuk audio book. ”Cukup dengan satu klik saja, maka Anda bisa membeli semua buku Hary Potter,” ujar Jobs. Audio book memungkinkan pengguna untuk ”mendengarkan” sebuah buku.
”Ada banyak sekali rumor yang berkembang tentang produk ini,” ujar Ralph de la Vega, chief executive officer Cingular. ”Sekarang, rumor itu berakhir, dan musik dimulai. Anda dapat mendownload lagu melalui ponsel kapanpun dan dimanapun Anda inginkan,” tambahnya.
Apakah penjualan ROKR nantinya akan mempengaruhi iPod Shuffle? Beberapa analis menyangsikan hal tersebut. ”Melihat fungsi, serta perbedaan harganya yang sangat jauh, saya yakin dua gadget itu akan memiliki pangsa pasar masing-masing,” ujar Michael Gartenberg, analis Jupiter Research. ”Motorola Rokr hanya berupa pelengkap iPod, bukan pesaing,” tambahnya.
Tentu saja, bukan berarti produk tersebut minim kritikan. Beberapa analis menyoroti desain Rokr yang standar, dan tidak memenuhi ekspektasi meleburnya gaya Motorola Razr phone yang macho dan gaya cutting-edge, high tech fashion yang dimiliki iPod.
”Bila Anda membawa ponsel ini ke klub, tak ada yang akan berkata ’wow itu adalah alat yang keren!’,” urai John Jackson, analis Yankee Group. Belum lagi kapasitas Rokr menyimpan lagu yang sangat terbatas. Bagi pengguna iPod yang sudah terbiasa membawa ribuan lagu, ini sangat menganggu. Produk ini sudah mulai dipasarkan di Amerika, dengan harga sekitar USD 249.

Monday, September 05, 2005

Geliat Scene Underground Islandia



Dulu Tak Peduli, Sekarang Digemari

Dulu, nyaris tak ada yang mengenal Reykjavik. Tapi kini, kota berjuluk ”smoke town” itu menjadi pembicaraan hangat lantaran perkembangan scene musiknya yang luar biasa pesat. Terutama scene musik elektronik eksperimentalnya. Berbagai artisnya kini mulai mendapat international recognition. Apa rahasianya?

Reyjavik, adalah ibu kota Islandia. Sebuah kota kecil, berpopulasi “hanya” sekitar 170 ribu orang. Secara literal, jumlah itu hanya sekitar seper duapuluh penduduk Jakarta. Tapi, sudah mencapai setengah dari total populasi penduduk Islandia. Uniknya, dengan populasi yang serba minimal itu, Reyjavik telah melahirkan musikus serta penyanyi kelas dunia.

Nggak percaya? Tinggal sebut. Mulai Björk, Magnús Ver Magnússon, dan kini Sigur Rós.
Reyjavik dijuluki ”smoke town”, karena banyaknya lubang-lubang geothermal dalam kota tersebut yang menyuplai panas dan air ke kota. Karena populasinya yang tak terlalu padat, Reyjavik nyaris tak pernah macet. Bahkan, di beberapa ruas jalan, kita bisa melihat bebek, dan angsa berlari-lari bebas.

Tapi, jangan tertipu. Reyjavik adalah kota paling hip dan maju di dunia. Konsumsi handphone dan internet di Islandia tertinggi, nyaris tak tertandingi kota manapun di dunia.

Fashion? Reykjavik punya label clothing macam GK, Aftur, X18, dan Svo. Bagaimana dengan film? Ada Baltasar Kormákur’s Reykjavik 101, Fridrik Thor Fridriksson's Rock in Reykjavik dan Zik Zak Film Works Dramarama. Musik? Well, now your talking. Jazz? Hip hop? Techno? Just name it. Kota ini memiliki banyak sekali pub dan club yang memutar musik selama 24 jam nonstop.


Diawali Dengan Revival Punk

Penyanyi pop pertama yang benar-benar menggebrak Islandia adalah Hljómar. Ia memiliki groupies yang nggak kalah fanatiknya dengan para Beatlemania (penggemar band the Beatles). Setelah itu, lagu-lagu bertipe dico-glam mulai menduduki tangga lagu Top 40.

Scene musik underground Islandia mulai bangkit, seiring dengan revival punk di Inggris sekitar 1979-an. Komunitas underground berkembang secara sporadis, mengandalkan idiom do-it-yourself attitude, dan memunculkan band-band baru.

Beberapa diantaranya adalah Tappi Tíkarass, Fræbbblarnir, Bubbi Morthens dan KUKL. Sejurus kemudian, scene underground tumbuh dengan pesatnya. Salah satu sebabnya, karena Islandia begitu kecil. ”Kalau kamu ingin menonton sebuah band, kamu tinggal berjalan ke pertunjukkan mereka!,” ujar Helgi, vokalis band rock Suð.

Sekitar 1990-an, Nirvana dan grunge-manianya menjadi sangat populer. Tapi, beberapa tahun setelahnya, justru scene death metal yang diatas angin. ”Saking besarnya, sampai-sampai banyak band yang merubah alirannya. Hanya ada beberapa indie band dan computer freak yang tersisa. Semuanya berambut gondrong, headbangs!,” urai Helgi sembari tertawa.

Tapi, makin kedepan, genre musik Islandia makin variatif. Scene hardcore mulai muncul, dan sempat menjadi genre underground yang paling laris. Sementara sekarang, band-band muda cenderung memainkan musik yang sangat variatif dan lebih suka bereksperimental.

”Awalnya hanya beberapa orang saja yang mau membeli, bahkan mendengar musik yang dibuat oleh musikus lokal. Bahkan, rilisan lokal dilabeli ’kelas dua’ atau bahkan ’kelas tiga’, tanpa diberi kesempatan terlebih dahulu”.


Menulis Lagu Lebih Penting!
Bagi para musikus di Reykjavik, live performance, atau membuat crowd moshing dan berstage-diving bukanlah segalanya. Mereka justru lebih fokus untuk membuat lagu sebaik mungkin, meminimalisir tampil. ”Hingga mencapai suatu fase ketika kamu bilang, ’hey, kami baru saja menulis lagu terbaik kami!’,” papar Helgi.

Karena itu, penonton show indie bisa dikatakan cukup terbatas. ”Paling banter cuma 200-an orang saja. Fans musik keras seperti hardcore justru lebih parah. Hanya sekitar 50-an orang setiap show,” urai Helgi lagi.

Salah satu klub/venue underground yang cukup terkenal adalah Gaukur á Stöng. Klab tersebut menggelar shownya hampir setiap malam. Biasanya, para band yang membawakan lagu-lagunya sendiri bermain saat weekdays. Sementara saat weekend, yang tampil justru band-band yang membawakan cover song (lagu orang lain).

”Penggemar musik yang datang ke Gaukur á Stöng tidak pernah tahu musik apa yang akan mereka dengarkan. Karena begitu banyaknya band berbeda, yang membawakan musik berbeda pula,” papar Helgi. Klab tersebut cukup terkenal, karena memberi kesempatan pada band-band pendatang baru.

Rilis Album di Luar Negeri
Merilis album rekaman di Reykjavik ternyata sangat sulit. Apalagi bagi band non-mainstream. Yang pertama, karena market Islandia yang memang sangat kecil.
Selain itu, penduduk Islandia cenderung memandang sebelah mata terhadap musikus lokal. Bahkan, awalnya hanya beberapa orang saja yang mau membeli atau mendengar musik yang dibuat oleh lokal.

”Rilisan musikus lokal dilabeli rilisan ’kelas dua’ atau bahkan ’kelas tiga’, tanpa diberi kesempatan terlebih dahulu,” urai Kristleifur Daðason, seorang DJ yang lebih dikenal dengan nama Shape 7. ”Hal itu mulai berubah, ketika Björk sukses menarik perhatian dunia. Musikus Islandia akhirnya mulai dilirik,” paparnya.

Karena itu, banyak musikus yang memilih untuk mendirikan label sendiri, atau rekaman dengan prinsip Do-It-Yourself (DIY). Beberapa band yang mengusung musik tekno seperti Exos dan Ohm memilih untuk merilis albumnya dibawah label Jerman. Satu-satunya label yang concern terhadap band indie dan non mainstream adalah Thule Musik. Itu pun, mereka banyak mengedarkan rilisannya ke luar negeri.

Eldar Atthorsson, seorang DJ Drum & Bass, mengatakan untuk bisa sukses di Islandia, kebanyakan artis harus pergi ke Inggris atau Eropa dulu. ”Memang ada juga beberapa artis yang telah merilis albumnya di Islandia selama beberapa tahun, dan membangun fan base kecil-kecilan. Tapi sungguh, kalau misalnya mereka ke luar negeri dan mendapat tanggapan bagus atau record deal, mereka akan kembali menjadi bintang di kampung halamannnya,” urai Eldar.

Ungkapan Eldar memang bukan isapan jempol. Hal itu terjadi pada band-band macam Sugarcubes dan Sigur Ros. Begitu menjadi headline majalah Melody Maker, Sugarcubes seakan menjadi besar di Islandia dalam semalam.

As for Sigur Ros, tak ada yang mendengarkan dua rilisan pertama mereka. Sebaliknya, begitu Agaetis Byrjun dirilis oleh Fat Cat Records (label Eropa), sekarang semua mendengarkan Sigur Ros!

”Kalau materinya memang bagus, saya pikir mudah saja untuk mendapat label diluar Islandia. Tinggal kasih kover yang bagus, dan chat via internet. Sesuatu pasti akan terjadi,” Kristleifur menambahkan. Uniknya, saking banyaknya musikus yang berusaha memasarkan musiknya diluar engeri, Thule Records sampai mendapat protes dari para penggemar musik lokal.

”Di Islandia, sangat sulit untuk menjadi seorang musikus yang bisa hidup enak. Kebanyakan penyanyi disini memiliki pekerjaan 9 to 5 untuk tetap hidup,”



Rekaman Pun Numpang


Soal rekaman, hampir sama dengan musikus indie kebanyakan. Band-band debutan, mengawali karirnya dengan susah payah dan penuh perjuangan. Tak jarang, mereka harus ”numpang” di studio milik rekannya. Seperti yang dialami oleh para personel Suð. ”Baru untuk urusan mixing dan mastering, kita menyewa studio yang cukup besar,” papar Helgi, vokalis Suð.

”Waktu itu kami hanya ingin keluar dan tampil. Karena itu kami berusaha menulis lagu sebanyak mungkin. Setiap jengkal ide dalam kepala kami keluarkan,” papar Helgi. ”Setiap ide, tidak muncul dengan struktur penuh. Begitu ada ide, kami coba ramu dengan jamming,” lanjutnya.

Mengandalkan koneksi rekannya, Suð berhasil mengedarkan albumnya ke Jerman dalam bentuk CD. Itu pun hanya 500 kopi saja. ”Seluruh proses itu memakan biaya cukup mahal, sekitar 40 juta rupiah. Saat itu, kami menutup kekurangannya dari kantong kami sendiri,” kenang Helgi.




Elektronik Eksperimental Meledak

Toh, despite semua semua keterbatasan itu, pertumbuhan musik di Islandia justru meledak, diluar dugaan. Terutama untuk genre musik elektronik eksperimental. Dimulai sekitar 1992-an. Ketika itu hanya ada empat band yang terjun dalam genre tersebut. Mereka adalah Bix, Ajax, Inferno5 dan T-World.

Persaingan tentu ada, tapi tidak secara konfrontal. Melainkan dengan cara yang positif. Rata-rata, musikus Reykjavik memiliki paham untuk berusaha pushing the limit. Mencoba sesuatu yang baru, yang belum pernah dicoba oleh siapapun juga.

”Persaingan itu membuat kami berpacu untuk berkarya dan bereksperimen,” papar Bix, musikus elektronik yang telah “mentas”. ”Kami ingin agar semua orang langsung berteriak ’ooooh’ saat mendengarkan musik yang kami. Itu adalah saat-saat yang paling produktif bagi band-band di Reykjavik,” lanjut Bix, yang kini tinggal di Los Angeles, California.

Bix yang kini tengah mengerjakan solo albumnya sendiri, pernah menggarap lagu remix untuk artis sekelas Beck dan Madonna.

Di Islandia, lanjut Bix, sangat susah untuk menjadi seoarang musikus sekaligus mengenyam kehidupan yang cukup. ”Kebanyakan musikus di Islandia harus bekerja 9 to 5 untuk bisa hidup. Karena venue di Reykjavik sangat terbatas,” papar Bix.
Namun, saat ini, scene musik elektronik sudah jauh lebih kuat. Banyak musikus berbakat yang muncul membawakan ide dan konsep musik segar, cuting-edge, dan jenius.

Clubbing 24 Jam

Untuk urusan clubbing, Islandia memang sedikit unik. Banyak DJ dari Inggris datang ke Islandia, dan saat kembali mereka selalu berdecak kagum. ”Bahkan menjadi lebih baik, setiap kali mereka kembali. Seperti sebuah wabah yang menular. Semua orang yang datang kesini, ingin kembali!” papar DJ Eldar Atthorsson.

Tapi yang membuat beda para Icelanders dengan tempat lain, saat mereka clubbing atau jamming, mereka benar-benar esktrim. Misalnya, clubbing dimulai dari Jumat atau Sabtu, berlanjut hingga keesokan paginya. Kemudian, mereka mulai keluar lebih awal, sampai mulai pada Rabu dan berlangsung lebih dan lebih lagi.

Di Reykjavik, techno, house, dan trance adalah musik yang paling populer saat ini. Kenapa techno? Sebab, orang-orang Reykjavik lebih menyukai musik yang lebih hard, dan danceable. ”Banyak DJ-DJ techo berbakat dan berkualitas di Reykjavik,” tandas Eldar. Beberapa klab yang sering memutar musik seperti itu, yaitu Café Thomsen dan Gaukur á Stöng.