Saturday, July 09, 2005

Nyidam Ipod

gak sengaja, gw browsing2 di jpckemang.com. trus ngeliat2 ipod. pertamanya cuma liat biasa. liat liat liat, eh kok jatuh cinta ya? apalagi sama mini ipod. duh bentuknya imut banget. kapasitasnya gede lagi. cuma harganya itu yang gak kuku. hiks.







Gw punya kebiasaan aneh klo mo beli barang yg gw suka, dan harganya rada mahalan. karena gw nih orangnya perfectionist banget. Jadi gw bener-bener harus paham spek, fungsi, serta kegunaannya buat gw dalam jangka panjang.

Alhasil, beberapa hari ini, gw browsing ke milis pengguna Ipod, mac, serta situs-situs yg menjual Ipod di nagri. Heuhue. Kadang baca komentar2 gitu banyak manfaatnya loh.

Contohnya nih, awalnya gw mo beli I-Shuffle (kapasitas 1 GB) yang rada murah, dengan bentuk mungil, simple & praktis. nih gambarnya :



Sayangnya, selain gak punya LCD dan menu equalizer untuk menampilkan nama artis n judul lagu, batere I-Shuffle ternyata sifatnya built-in dan nggak replacable. So 2 tahun setelah digunakan, tuh batere bakal ngedrop. Dan, I-Shuffle kita udah ga bisa digunain lagi (kecuali buat nyimpen data). Man, that’s sucks.

As for LCD, awalnya buat gw gak masalah. Namanya aja Shuffle (acak). Tapi ternyata, stelah gw pikir2 SKALI-KALI KITA PERLU UNTUK NGELIHAT NAMA ARTIS DAN JUDUL LAGU. So, in that case, I-Shuffle is not on the list. Beberapa situs malah melabeli I-Shuffle sebagai MP3 player untuk pendengar amatir yg hanya ingin mendengar musik saja. Ato pelengkap bagi yang udah memiliki Ipod.

So, untuk sementara pilihan jatuh ke Mini Ipod dengan kapasitas memori antara 4-6 GB. Pertimbangan pertama soal bentuk, karena gw inginnya yang simple, ringkas, dan mobile (gampang dibawa kemana-mana). Yang kedua, tentunya soal harga. Emang agak mahal sih, sekitar 1.8 jt. Karena itu gw belum ambil keputusan.
The problem is, gw juga kepengin beli hom teter 5 cenel, buat dengerin MP3 ato nonton DVD (baca post tentang nonton DVD adalah saat2 spiritual bagi gw).

Bagi sbagian orang barang2 itu mungkin gak penting dan buang2 duit, tp bagi gw penting buang-get. Hey, tiap orang kan punya cara sendiri untuk menjalani dan menikmati hidupnya, right?

Pertanyaannya, klo gw udah punya N-Gage, trus, why bother beli MP3 player lain?
Well, ini udah gw pikir masak2. 1st of all, batere N-Gage gw udah mulai ngedrop. So, klo dipake denger MP3 paling Cuma tahan 1-2 jam. Abis itu, indicator baterainya langsung merosot drastic. Tentunya merepotkan, karena gw jd gak bisa nerima telpon.

2nd, memori N-Gage gw yg Cuma 128 MB. Itupun harus dipotong Game, Aplikasi, serta file-file word dan JPEG (karena gw lebih banyak memfungsikan N-Gage gw sebagai flash disk untuk nyimpen data). So, sisa memorinya paling cukup untuk diisi 20-an lagu saja.

3rd, earphone N-Gage gw rusak. Suaranya gak keluar gara2 kabelnya sering gw tekuk2. Jadi, gw terpaksa pake earphone EXL yg nggak bisa dipake berbarengan dengan helm, karena bentuknya gede.

Jadi, masuk akal kan klo gw pengin beli Ipod?

Sebagian waktu gw emang lebih banyak dihabisin di jalan, di motor, dan di kantor. Begitu nyampe kos, gw lebih banyak nonton DVD ato main PS. Jadi jarang banget bisa dengerin musik.

Dan menurut pengalaman gw, music can cheer-up your day. The last, kadang klo kita mendengarkan lagu tertentu di tempat tertentu, rasanya asyik aja. Hehehe.

cheers

No comments: