Tuesday, June 21, 2005

Moms

Gw baru aja kena radang tenggorokan. Damn. Gak enak banget. Rasanya amandel gw luar biasa gatalnya. Seperti ditusukin jarum. Kalo udah gitu, bawaannya pengin batuk. Ugh. Dan, akhirnya gw juga gak bisa ngerokok. It sucks.

Kalo sakit gini, yang gw ingat 1x pasti..my mom. Ya, nyokap gw adalah orang yg paling ngertiin gw. Orang yg paling bisa ikut ngerasain penderitaan gw waktu gw sakit. Pokoknya bener-bener belahan hati gw lah.

Mom, emang paling cerewet. Apalagi kalo udah nyangkut kebiasaan buruk gw. Yang naruh barang sembarangan, yang nggak pernah bersihin kamar, yang joroknya setengah mati, yang ke kampus kaos oblongan, yang nyindir baju gw waktu gw mo dinner bareng doi (beliau nyeletuk, ‘masa dinner pake baju belel gitu? Mbok ya ganti!” )dst..dst…

Mom, paling peduli sama gw. Yang nelponin klo gw pulang kelewat malam, yang nawarin bikin mie goreng klo gw nggak bisa tidur, yang beliin pecel dan buatin teh anget pagi-pagi pas gw baru bangun tidur, yang selalu dampingin gw waktu gw lagi sakit, yang baik banget sama pacar2 gw yang gw bawa ke rumah, dst…dst..

Mom, yang gaptek banget (^o^), yang suka menyebut asal barang-barang gw (ex : PS 2 disebutnya pites-pitesan, huhu), yang paling bisa nemuin barang yang ilang ketelisut, yang ramenya setengah mampus dan paling suka ngisengin sepupu2 gw (gokil abis), yang bikin sop buntut paling enak di dunia…nyam

Hihi, gw jadi inget waktu SMA dulu. Ketika gw mengklaim diri gw sebagai seorang punk, seorang anarkis (yang sebenernya hati kecil gw masih bingung bagaimana mengaplikasikan anarkisme dan isme-isme lainnya dalam tindakan sehari-hari).

Hingga akhirnya, gw memutuskan untuk me-mohawk-kan rambut gw. Itu pas kelas 2 SMA lho! Reaksi nyokap waktu itu cuma melongo, geleng-geleng, memandang potongan rambut gw dengan tatapan mbok-ya-potong-yang-bagus-to, dan berkata “masyaallah!”

Lagi-lagi, nyokap cuma bisa mengelus dada, ketika gw bersiap-siap akan manggung dengan band punk gw. Lengkap dengan dandanan jins belel ketat, sepatu boots, kaos bergambar Sid Vicious, gelang dan kalung rante, plus jaket kulit coklat penuh spike.

Nyokap Cuma bisa menangis di depan gw, ketika menemukan satu poket marijuana di laci lemari (yang dengan bodohnya gw lupa sembunyikan). And then..gw waktu itu juga ikutan nangis, dan sujud minta maaf pada beliau, berjanji untuk tidak melakukan hal itu lagi.

Gw cuma bisa berkata “alhamdullilah” dalam hati, melihat nyokap yang puasa dan tahajudan tiap hari sebelum gw sidang skripsi. Which give me extra spirit for study.

Gw, akhirnya lega setengah mati saat ngelihat nyokap plus bokap tersenyum puas penuh kebahagiaan ketika menghadiri wisuda gw awal tahun lalu.
Gw nyaris nangis dan langsung memeluk beliau ketika mendengar nyokap berujar, “mama dan papa udah nggak mikir apa-apa lagi. Harapan kita berdua Cuma bisa ngelihat kamu dan mbakyumu itu bisa jadi orang. Jadi ya, tiap hari kita berdoa buat kalian berdua supaya terus dilindungi Tuhan. Kalau kalian berdua berhasil, berarti tanggung jawab mama dan papa sebagai orang tua untuk mendidik anaknya juga ikut berhasil,”

Sejak itu, gw berusaha setengah mati supaya jangan sampai melukai hati nyokap, ataupun bokap. Kalau pun gw melakukan “hal-hal yang buruk” sebisa mungkin nyokap jangan sampai tau. Bermain cantik lah. Yang penting kan gimana menutupinya. Well, i just wanna say, I love u mom! and happy birthday!

No comments: