Tuesday, March 22, 2005

What Music Do I Love?

What kind of music that you hear?
Klo gw, orangnya tentative banget. Tergantung mood. Dalam 1 minggu, moodnya bisa beda-beda. Sehari suka dengerin yg agak keras, besoknya mellow, besoknya lagi jazzy, dst. Dst.

Kenapa kita suka satu jenis musik? Tergila-gila pada satu jenis ben?
Waktu SMA, gw sempat ngeband. Waktu itu, gw besar lewat lagu-lagu punk. Bennya macam Exploited, Total Chaos, Chaos UK, Greenday, Sex Pistols, Rancid, Bad Religion, dll.
Trus, sempat juga dengerin yg agak keras, crustcore. Misalnya extreme noise terror, disrupt, disgust, spazz, carcass, sampai hardcore macam morning again, vision of disorder, sick of it all, as friend rust, dll.

Musiknya emang amburadul. Tp gw suka..ato dipaksa suka? Setelah gw pikir lagi, Awalnya memang suka, tapi setelah itu kayaknya sedikit terpaksa!
Dulu, dalam pergaulan gw, semakin aneh dan gak terkenal ben yg elo dengerin, maka semakin cool lah dirimu. Semakin sangar. Semakin dihormati.

Propaganda itu juga nyebar lewat zine2 indie Bandung yg gw baca gitu. Anak Surabaya dulu memang terlalu BANDUNGISME. Klo ada anak bandung di zine-nya nulis ben ini, buru2 cari kasetnya. Yang udah denger, akhirnya pamer, oh tuh ben musiknya kayak gini.

Jadi, jujur aja kadang gw beli2 kaset2 ben2 yg aneh2, tanpa bisa menikmatinya. Malah ada beberapa kaset yg gw beli, dan gak pernah gw puter sekalipun. Alasannya, Cuma klo ditanya, elo udah dengerin ben ini? Wah, udah. Musiknya kayak gini kan.. gw punya tuh kasetnya..bla..bla..

Termasuk juga, pas ada ben diwawancara gitu.
Misalnya :
Apa influence band elo?
Oo, gw terpengaruh sama ben A, C, Z, D.

Makin aneh, dan gak terkenal influence ben loh, makin cool!
Aneh kan? Bangget.

Tapi, memang ada juga orang-orang yang bener2 suka sama jenis musik gedebak gedebuk kayak gitu. Yang bener2 true. Salah satunya, adik sepupu gw sendiri.

Dia setahun dibawah gw. Dari SMP, dia udah demen banget sama ben2 Skoingcore (ska, melodic, oi, hardcore).
Sampe sekarang pun, dia masih terus nyari dan ngoleksi CD-nya. Bad Religion lengkap, NOFX lengkap, Rancid lengkap, Keepsake lengkap. Me First And GImme2s, lengkap. The Ataris, lengkap. Dll.

Dan, dia dengerin tuh musik tiap hari, nggak pagi, siang, sore, sampe malem. Bener2 adicted deh. Persis kayak addicted gw ma bokep. Huhu. Anehnya, dia hampir nggak pernah dengerin musik pop/R&B gitu. Aneh kan? Klo gw liat sih, dia emang gak suka.

Gw sih suka2 aja ben2 itu. Tapi gak tiap hari. Hanya pada saat2 tertentu saja. Dan, gw masih dengerin radio. Masih dengerin R&B. Gw punya CD-nya Ataris, Keepsake, dan The Used. Tapi, gw masih dengerin Nelly dan 50 cent di radio. Kadang juga masih puter lagunya Sarah Maclachlan (bener gini tulisannya?) ato King of Convenience.

Kadang dengerin musik itu butuh “klik”. Contohnya gw nih. Pas lg nyetel MTV, gw “klik” banget sama lagunya Ash yg Starcrossed. Langsung aja gw download dan dengerin tiap hari sampe bosen.

Klik itu juga berlaku pada aliran musik. Gw nih, bisa klik sama muzik Skoingcore, dan semua berbau jazz, pop, rock, R&B, dll. Tapi satu, gw gak bisa klik sama yg namanya METAL???? Aneh kan?

Bukan gak suka. Tapi emang gak ketemu gitu kliknya. Gw jg heran. Padahal gw tuh dari dulu pengggiiiin buanget bisa nikmat pas dengerin Slayer, Sepultura, Pantera, ato Metallica. Tapi, ya itu tadi, kliknya nggak dapet. Gw dengerin selama dan sekonsentrasi mungkin, tetap aja gak nikmat.

Itu juga mungkin, yg membuat terjadinya pengkotak-kotakan. Ada Metalheads, Punkers, Grunge, British/indies, dll. Sebabnya ya itu tadi, anak Metal, nggak klik sama lagu2 punk. Klo mendengarkan lagu punk, mereka nggak bisa mengalami ORGASME BATIN seperti saat denger lagu Metal. Hehe. Tapi ini semata-mata analisa gw lho.

No comments: