Tuesday, March 22, 2005

How Sorrow is Life?

Hehe. Beberapa temen yg ngebaca blog gw (emang ada gituh?) protes, saat ngebaca postingan terakhir. Katanya, blogmu kok gak lucu lagi sih? Wah, bacanya jadi tambah sedih?

Huhu. Sebenrnya dari awal gw bikin blog ini emang niatnya gak nyenengin siapa2. Lha wong ini memang kisah hidup gw. Nyata, apa adanya. Secara kebetulan aja gw sering banget mengalami kejadian bego (who doesn’t?), ato gwnya yg emang rada geblek? Hehe.

Gw buat blog ini supaya tiap kejadian idup gw ada kenangannya. Mirip diari, yg bisa dibaca kapan aja. Klo ada yg baca sukur, nggak pun gak ada efeknya buat gw. So karena suasana hati gw lagi gak enak, jadi postingan ini dan beberapa hari mendatang mungkin gak akan menghibur. Hiks, jadi sedih.

Eniwei, the point is, hidup itu susah ditebak. Kadang diatas, kadang dibawah.Kadang susah, kadang senang. Kadang suntuk, kadang ceria. Semua itu ada waktunya sendiri.

Gw sendiri sering mikir. Umur gw udah 23. Selama ini, apa aja ya yg udah gw lakuin? Maksudnya, apa gw terlalu santai? Trus, mau dibawa kemana sih hidup gw kedepannya gitu?

Terus terang, beberapa hari ini gw lagi suntuk banget sama yg namanya kerjaan. Udah eneg, capek, bosen, suntuk, muak, dll. Istilahnya, gw udah mengalami titik jenuh.
Gw sering kepikiran gitu, buat ngambil langkah besar. Cabut, dan mencoba peruntungan di tempat lain. Kerjaan lain, yang memberi tantangan beda, suasana beda. Toh Nirina aja berani cabut dari MTV? Tul gak?

Gw pengin banyak blajar lagi. Mendalami bidang-bidang lain gitu. Gw gak mau mentok jadi reporter, penulis brita. Rasanya 3.5 tahun udah cukup deh. Toh, start gw udah bagus. Gw start jadi penulis. Dan, I tell u something, nulis itu gak mudah brur. Perlu belajar lama banget. Bisa cepet, klo ada bakat.

Gw pengin melakukan sesuatu dalam idup gw. Bikin sesuatu yang berarti. w pengin blajar moto, gw pengin bisa megang kamera video. Gw pengin dikenal karena pernah membuat sesuatu. Sutradara film bokep kek. Hehehe.

Ngomongin masalah kerjaan, gw lagi sebel2nya sama infotainment. Nggak semua sih, Cuma ada beberapa aja yang nyebelin banget. Terutama klo lagi wawancara bareng.

Wawancara artis itu susah-susah gampang. Pertanyaannya harus efektif, supaya jawaban si artis juga menarik dan bisa dijadikan berita. Karena waktu wwcrnya juga terbatas banget, paling cuma bisa 4-5 pertanyaan aja. Beruntung, klo jawaban si artis panjang2 dan menarik.

Memang sih, banyak juga yg nanyanya bagus. Dan dikejar terus sampai artisnya mau ngomong gitu. Masalahnya beberapa kali ini gw ketemu dengan infotainment yg agak2, bego ya mungkin. Huhuhu. Sebel.

Critanya, waktu itu, gw wawancara Tora Sudiro bareng 2 infotaiment. Rencana gw, mo nanyain tentang tatonya dia, sama persiapan istrinya yg udah 7 bulan melahirkan.
Tapi, 2 infotainment tadi dengan cuek nanyain masalah yang, menurut gw gak penting banget gitu.

Infotainment 1 : “mas Tora, katanya mau nyium bibir Lilis Karlina?”
FYI, Tora bbrapa waktu lalu sempat menjawab dengan bercanda, bibir mana yg paling ingin ia cium, ya bibir Lilis Karlina. Inget, itu cuma bercanda. Eh ditanyain juga.

Infotainment 2 : “mas, katanya terlibat cinta lokasi dengan Dinna Olivia ya? Bener nggak tuh?”
DUUUUHHH!!!! Please deeeh!! Ya ampun, istrinya lho hamil 7 bulan! Dan di acara itu dia juga dateng bareng istri dan anaknya. Ampun!

Skarang ini persaingan infotainment emang makin ketat. PHnya makin buanyak, jadinya ya terjadi persaingan yg nggak sehat gitu. Maksudnya, mereka jadi ngelakuin apapun demi ngedapetin gambar/wawancara artis secara eksklusif.

Contohnya waktu preview film Banyu Biru di Hollywood KC, rebo kemaren. Banyak artis. Dan Infotainment yg dateng buanyak banget. Padahal tau sendiri, ruangan Hollywood KC kan kecil. Jadinya pada desak2an, saling serobot, sikut2an.

Yg paling parah, si Ladya Cheryl. Begitu dia keluar dari bioskop, langsung para kameramen itu nyerbu kayak orang kesetanan. Nah, denger2 si Ladya ini gak suka di wwcr infotainment. Jadi, setelah jawab beberapa pertanyaan, dia kabur. Tapi, terus dikejar.

Akhirnya, Ladya yg waktu itu dateng sama cowoknya, ngumpet di WC. Serius. Co-nya nungguin diluar. Dan percaya ato tidak, para kameramen itu nunggu diluar. Sadis. Berapa lama? Satu jam bo’!
Akhirnya, dia keluar dengan dikawal. Dan, dengan ganasnya para kameramen itu menyoroti pake lampu, ngejar, dan menghalang-halangi gitu. Wah, kalah deh presiden SBY.

Menurut gw, itu udah kelewatan banget. Udah menganggu privasi orang. Lha wong gak mau diwawancara kok dipaksa? Padahal, Ladya sendiri nggak ada gosip apa2 gitu. Gak ada berita miring. Tapi dikejar2 kayak dia itu buronan kelas kakap yg ketangkep. Gila banget.

Mereka juga nggak peduli gitu dengan pengunjung lainnya. Bener2 kayak orang kesetanan. Bahkan, gw ngliat sendiri, ada pengunjung yg kepalanya ditabrak pake kamera sama kameramen yg lari ngejar artis, bruaaaakkk!. Dia shock gitu, dan gak bisa berbuat apa2. Cuma diem sambil melongo. Kebangeten.

Itu baru Ladya. Mau tau Reza Artamevia? Wuah. Lebih parah. Yang ngejar nggak Cuma 5-6 kameramen Mas/Mbak, bisa 10-15an. Asli, ini gak gede2in. Klo udah ngejar artis, mereka ini kayak orang gila dan kesurupan.

Ini mungkin yg ngebedain infotaiment sama wartawan beneran. Etika jurnalismenya, mereka ini kadang2 suka nggak peduli. Masalah ini pernah diomongin bareng gw, beberapa wartawan lain, dan Remy Sutansyah, wartawan senior. Dia sendiri punya infotainment, dan mengakui klo masalah terbesarnya ya itu tadi. Mereka nggak peduli dengan etika jurnalisme.

Yang paling benci sama para kameramen ini ya para fotografer. Soalnya sering2 mereka ngambil gambar deket banget dengan artisnya. Alhasil, para fotografer gak kebagian tempat buat motret. Alasannya sih, kabel buat mic-nya kurang panjang, dll.

No comments: