Tuesday, March 22, 2005

Is Hard To Get Lonely

Gw adalah tipikal orang yg penyendiri.
Bukan berarti gw ga punya temen lho. Temen gw lumayan banyak. Tp ada saatnya gw begitu menikmati kesendirian gw.

Contoh, klo lg BT, gw suka muter2 n jalan2 gak jelas gitu. Berhubung di Jkt gw cuma bw motor, akhirnya gw naek motor sambil dengerin MP3 dr hp Ngage gw. Tujuannya? Gak jelas. Ya muter2 aja. Aneh ya? Tp itu rasanya mengasyikkan banget bagi gw.

Rasanya kayak nyari inspirasi gitu. Sambil ngeliatin jalanan, biasanya gw banyak dapet ide. Dapet petunjuk. Pencerahan. Jadi bisa mikir lebih tenang. Enak banget.

Kadang gw juga suka pergi ke suatu tempat yang sepiii banget. Trus, ditempat itu biasanya gw cuma duduk diem, bawa earphone, dan pasang lagu2 yg jadi playlist gw sehari-hari.

Di Surabaya dulu, gw nemu spot di daerah pantai Kenjeran gitu. Asik banget tempatnya. Jd kita bisa ngeliat laut, indah banget. Ya walaupun laut Surabaya nggak segitu indahnya. Tapi tetep aja, i have this funny feeling.

Beberapa kali juga, gw ke mall. Sendirian tentu. Trus, gw nonton, ato makan gitu.
Pas gw critain ke temen gw, tanggapan mereka langsung pada nyinyir.
“huauhahua, kmu gak punya temen ya?”
“freak amat sih lu?”
“nggak ada kerjaan lain, apa?”

Kenapa kebiasaan sendirian gw itu jadi sesuatu yang aneh? Kenapa nonton film sendirian, jadi sesuatu yg gak masuk akal? Dianggap anti sosial, ato pribadi kesepian, malah, mencari mangsa? Jeezz…

Gw jd inget jamannya efsek (baca : F4) dulu. Di Surabaya, pas jalan2 ke mall, semua rambut dimodel mirip Tomingsek. Yg ikal, dilurusin. Yg lurus, dicetok lagi. Semuanya sama, seragam. Trus, pada pake kaos kutung semua. Whattheheck…gw ngeliatnya eneg banget.

Klo sudah gitu, mereka ngerasa dapet predikat gaul, cool, trendy, uptodate, dsb-dsb.

Kenapa sih nggak ngebiarin keunikan-keunikan muncul? Kanpa mesti terjebak jadi kaum pretensius? Kenapa gak munculin keunikan diri sendiri?
Ya karena klo kamu beda, kmu dicap aneh! Itu yg gw rasain dulu pas di Surabaya.

Gw pernah baca kata-kata yg bagus banget :
“you are born original, so don’t die a copy”.
So, kita lahir dengan keunikan sendiri. Tapi, kenapa kita selalu ingin jadi mass product? Selalu ingin ngikutin tren, selalu jadi korban mode?

Gw sering dapet komentar :
“duh perutmu itu lho, gendut banget!”
“idih, kayak om-om deh!”
“wiih, pipimu tambah tembem,”

huhu.

So what klo perut gw agak buncit? So what klo gw sekarang gendut? Toh, temen gw suka gw karena pribadi gw, bukan ukuran pinggang gw. So what klo gw nonton sendirian? Toh, dibioskop gw jg liat filmnya, gak bercanda-brcanda sama temen2 gw.

Coba liat iklan deh, kita jadi dipaksa berpikir, klo wanita itu harus kurus, harus langsing, nggak boleh berjerawat, supaya bisa disukai cowok. Caranya, harus minum susu ini, beli alat ini, nelen pil ini, dll. Semua dilakukan demi predikat fisik sempurna. Gimana fisik sempurna? Ya seperti cewe/cowo yg kmu lihat diiklan itu. Aneh.

Lanjut. Ini masalah lain.

Tiap hari, gw selalu pake kaos oblong bergambar, jins belel ato celana cargo, sepatu slip on, ato sandal, ditutup sama jaket berkerah.

Gw selalu dapet komentar :
“Duh, pake baju yang rapian dikit dong?”
“masak mau ngedate bajunya itu-itu juga?”
“nggak punya jaket lain ya?”

Ok. Suatu saat, gw iseng2 pake pakaian sedikit rapi. Menggunakan hem berkerah.

Komentar2 yg dateng pun berubah :
“nah gitu dong, kan rapi!”
“wah jadi lebih ganteng, nih!”
“ternyata pake baju gini juga pantes lho,”

disisi lain. Saat berada di lingkungan berbeda. Komentarnya lain lagi :
“Ceileee, rapi amat, mau kemana?”
“tumben rapian,”
“gak pantes!”

Huhu. Gak nyambung ya? Iya gw sendiri juga bingung. Abis nulisnya pas ngantuk2 dan pikiran lagi kacau. heuhue.

No comments: