Friday, February 25, 2005

Nonton DVD

Nonton film adalah saat2 spiritual bagi gw. Bukannya sombong ato sok ngerti film. Tp, memang demikian adanya. Hehe.
Gak2, serius. Hiburan yg sifatnya instant, dan menghibur bang-get bagi gw, ya nonton film. Its in my top list. Dibawahnya dengerin musik. Dibawahnya lagi nonton bf. Huhu.

Kalo nonton, gw lebih prefer sendirian. Bisa lebih ngerti emosi, vibe dari filmnya, serta maksud sutradaranya. Dari pada rame2 ato sama pacar (khusus untuk ini, filmnya harus ringan2 aja, horror, komedi, ato film2 romantis gitu).

Tp klo udah nonton sendirian. FIlmnya harus yg aneh banget, dan mikir (meski gw sendiri susah nanggep, hehe). Gw biasanya milih film2 yg menang festival kayak Cannes, Sundance, Oscar, dll.

Kalo udah ktemu vibe-nya, gw bisa emosional. Maksudnya, jadi ketawa sendiri, jadi bilang, “ck..ck..ck.., edan..edan!”, jadi sedih, jadi marah, sampe nangis klo perlu. Huehue. Beneran lho.

Dan, filmnya harus DVD! Dan buat film luar, harus pake TEKS INGGRIS! Bukannya sok keminggris sih. Tapi, gw lebih bisa mancerna maksud yg disampein dari baca skenarionya.
Soalnya, kadang transletan orang sini suka payah, termasuk film yg diputer di bioskop. Kata2 Bahasa Inggris kan banyak yang artinya jamak. Jadi suka salah ngartiin gitu.

Oke. Lanjut..

Selama nonton film, gw termasuk cukup rewel. Gw punya ritual khusus. Hehe. Kayak dukun aja. Ini ritual yg biasa gw lakuin! Ini berlaku juga untuk nonton bf. Hehe.

1. Kunci pintu kamar. Pasang tanda DO NOT DISTURB!
2. Sound harus kuenceng abis. Klo suasana gak mendukung (malem) mau gak mau harus pake earphone (dengan kualitas yang bagus tentunya, biar puas)
3. Harus ada cemilan, entah makanan ato minuman. Pringles dan coca cola diutamakan. Beer lebih baik.
4. Apa lagi ya? Well kayaknya cukup deh.

Kadang selama nonton film itu gw merasa jadi karakter yg gw tonton. Menginspirasi banget deh. Gw lebih suka film2 yang ngasih pengalaman hidup. Terus terang, gw jadi bisa banyak belajar hidup ya dari film. You know what im sayin’?

Karena itu, gw lebih suka film yang banyak dialog, dan dialognya yg bermutu. Gw paling benci film ACTION yg gak jelas. Terutama tembak2an yang jelas2 khayal gitu. Juga, pleaseeee…..not another teen movie…!!! Teen movie s##ks!

Film terakhir gw tonton yg gw anggep bagus banget, Pulp Fiction (udah gak keitung deh brapa kali liat, tp tetep aja nampol!), before sunset, somethings gotta give, dan catch me if you can.

Nah, kemaren gw blanja DVD BAJAKAN di glodok. I love piracy? So, what?

Di Surabaya, gw biasa blanja di PAsar Atom. Karena udah kenal penjualnya, jadi gw bisa dapet murah. Dan kopiannya udah bagus. Nah kemaren di glodok gw beli asal aja. Pilem2 yg gw beli, The Aviator, Kung Fu Hustle, dan Birth.

Pas gw ngliat Kung Fu Hustle, gw lgnsung ngedrop. Lha wong bajakannya jelek banget. Keliatan kalo ngerekam di bioskop. Mana soundnya pelan lagi. Hiks. Setan ni penjual, katanya rekemannya udah bagus. Awalnya gw gak mau nonton.

Tapi, setelah ngelihat, dan gw ambil keputusan klo film ini jelek, ehm, maksudnya gak worthed gitu. Ya gw terusin. FIlmnya sih lucu menghibur, tipikal Stephen Chow. Shaolin Soccer banget. Tapi ceritanya… puarah!

Film berikutnya, Aviator. Gw sempet baca resensinya di Kompas. Anjroootttt, penulisnya gw lupa sapa, tapi ulasannya buuagus bangget. Tajam, analisa cermat, dan penuh logika. Kapan ya, gw bisa ngulas film kayak gitu? Hiks.

Sebelumnya beberapa temen gw yg nonton protes ke gw. Soalnya gw sempet gembar gembor Aviator nih, kayaknya bagus deh. Kan dinominasiin Oscar. Tapi setelah mereka pada nonton, yg keluar komentarnya, “film apaan sih? Gak ngerti maksudnya?”, “aduh bosen nontonnya, filmnya gitu2 aja!”

Gw jadi tambah penasaran. Mana nih yg bener? Jelek ato bagus?

Begitu nonton, ternyata gw dapet banget vibe-nya. Wah, ngikutinnya sampe spanneng gitu. Toop banggeet nihhh….anjriit…pool

Tapi, ketika sedang klimaks2nya nonton, tiba2…breet..breet..breett…

Mampus.

Kaset DVDnya ternyata error. Gambarnya putus-putus, dan suara gak keluar. Itu pas adegan si Howard Hughes lagi ngedesain pesawat Hercules.

Gw tunggu. Gw biarin. Gw paksa2 dikit. 1 menit, 1 ½ menit, 2 menit. hasilnya? Tetep sama.

Seketika itu juga emosi gw langsung memuncak.

Gw keluarin tuh DVD Aviator, gw tekuk2, gw gigit2, gw injek2 (sumpah ini beneran!) sampe gak bentuk DVD lagi. Baru gw puas.

Itu sama aja kayak loe gak suka pedes, loe makan lombok ijo dan gak dikasih minum. Sama aja kayak loe beol di tempat temen loe, gak ada tisu gak ada aer. Huhuhu.

Seperti gw bilang di awal. Nonton DVD itu saat2 spritual gw untuk menghibur diri. Gara2 itu, hasrat nonton DVD gw langsung amblas. Akhirnya, gw bikin mie, dan makan. Huhu.

Lessons of the day :
Jangan beli barang bajakan! Teeeeett….wrong answer. Yang benar, beli DVD bajakan, tapi dicoba dulu!

Cheers.

1 comment:

Dini Surya said...

Huakakakakak...lucu-lucu. Eh, kapan2 aku titip DVD bajakan yo,es.