Sunday, November 13, 2005

State of Mind

Gw merasa beruntung datang ke Jakarta, dan memiliki blog ini. Gw merasa menemukan dunia baru. Sebuah media yang mampu membuka isi kepala gw. Gw dapat menulis, bercerita dengan bebas.

Toh, gw buat blog ini bukan untuk orang lain, tapi murni buat gw sendiri. Sebagai arsip, untuk mengetahui tiap langkah dan perkembangan diri gw. Kalau pun ada yang baca, ya itu berarti mereka iseng dan kurang kerjaan. Hihihi. Kadang kalau ngelihat hit counter-nya, gw sampai heran, kok masih ada aja yang sih buka-buka blog ini. Jadi, emang iseng atau kurang kerjaan sih? Hehehe.

Gw baru menyadari, kalau di Jakarta ini ternyata begitu banyak orang-orang ”gila”, dalam arti kata positif, tentunya. Mereka-mereka yang tak hanya punya bakat, tapi juga ketekunan tinggi, kecerdasan, serta passion yang luar biasa besar terhadap apa yang mereka kerjakan.

Karena itu jangan heran ketika suatu saat kita membaca si A, misalnya, menghasilkan karya film layar lebar. Dan di waktu lain, ternyata si A juga dapat menulis novel yang ciamik. Disini, orang-orang dengan stereotype A itu tak hanya satu-dua. Tapi ratusan, bahkan ribuan. Luar biasa.

Ini membuat gw berpikir, betapa mudah dan cepatnya gw berpuas serta melimitasi keahlian gw dalam satu bidang saja. Padahal, begitu banyak hal yang ingin sekali gw kerjakan. Begitu banyak ilmu yang bisa diserap. Sumpah, kalau ngerasain ini, gw merasa begitu banyak waktu yang gw buang percuma.

Karena itu, jelang tahun 2006 ini gw sudah menyiapkan beberapa resolusi-yang semoga saja bisa gw capai-. Kenapa harus resolusi? Tipikal orang kan bermacam-macam. Ada yang go with the flow, ada juga yang terus menargetkan sesuatu untuk dicapai.

Sementara gw, adalah tipe pemalas. Kalau gw memilih yang pertama, gw nggak akan berkembang. Dengan adanya resolusi, berarti ada target yang harus dicapai. Berarti ada motivasi dan passion disana. Kedua hal itu membuat gw harus belajar lagi tentang berbagai hal yang benar-benar baru.

Dulu, gw berpikir untuk bisa memulai sesuatu itu sangat sulit. Gw selalu berkelit, orang-orang yang profesional dalam bidangnya, itu karena mereka sudah berada disana selama bertahun-tahun.

Ya, itu tak sepenuhnya salah. Tapi yang terpenting adalah, ada kemauan untuk belajar. Yang gw pelajari, gift atau bakat hanya mempermudah. Selebihnya tergantung dari individu masing-masing, serta permudahan jalan dari Tuhan.

Buktinya, ada seseorang yang benar-benar awam dalam hal tulis-menulis. Tapi karena kegigihan, ketekunan, passion, serta keberuntungan, tentu, dalam waktu setahun sudah menghasilkan karya novel.

Mike Wiluwan, director studio animasi Infinate Frameworks di Singapore, pernah berkata, ”Cuma passion yang dapat membuat seseorang mampu melakukan pekerjaan berat, dibawah tekanan seberat apapun, dan dengan deadline yang begitu dekat,”.

Nah, sementara gw, sudah lebih dari tiga tahun berkecimpung dalam dunia tulis-menulis. Dan yang bisa gw hasilkan Cuma post-post nggak penting, diblog nggak penting ini. Gw bertekad, akan terus mengeksplorasi dan memacu diri gw semaksimal mungkin, going to the next level--semoga saja ini tidak angin-anginan--. Prinsipnya simple saja, sebenarnya. No pain no gain, man!

Oke. Balik ke resolusi tadi. Terus, apa saja resolusi gw? Banyak. Tapi rasanya nggak perlu gw beber disini. *halah siapa juga yang pengin tahu? Hehehe.

Tapi gw cukup gembira, karena jelang pergantian tahun ini, 2 dari 3 resolusi gw sudah tercapai. Yang pertama pindah dan menetap di Jakarta. Dan yang kedua mendapat pekerjaan yang “lebih” dari kerjaan lama gw. Lalu, apa yang belum tercapai? Rasanya semuanya sudah tahu, yak benar sodara-sodara, punya cewek. Huehue. Ya semoga saja, tahun depan resolusi ini bisa tercapai. Euh, but lets save the best for last. Okay.

Yang terpenting, semoga saja tahun depan gw bisa lebih positif. Lebih kurus (jeezz, my tummy is getting big and bigger), lebih rajin sholat, dan menghindari perbuatan tidak berpahala. Euh, minum, cimeng, dan bokep mungkin tidak dihilangkan, hanya dikurangi. Hihihi.

Oh ya, udah nggak sabar untuk melihat Jiffest bulan Desember depan. Gw berjanji akan menyelesaikan kerjaan secepat mungkin, supaya bisa puas nontonnya.

No comments: