Tuesday, August 30, 2005

stanley kubrick's

Pertama kali nonton film besutannya, Eyed Wide Shut (1999). Bintangnya Nicole Kidman dan Tom Cruise. Itu pun gw gak tau klo tuh film ternyata hasil besutan tangan dingin Kubrick. Taunya, ini film gila banget. Ceritanya aneh, endingnya ngambang. Tentang orgy party gitulooh.

Film kedua yg gw tonton, A Clockwork Orange (1971). Bah, ni film yang bener2 gila. Gw taunya dr satu majalah, Popular Mechanics. Jadi majalah itu nulis profil Steven Spielberg. Dan ketika ditanya 10 film fave-nya Spielberg, doi menyebut salah satu adalah Clockwork Orange. Dan, suatu saat secara gak sengaja gw nemu DVD bajakan Clockwork Orange di persewaan.

Sejak itu, gw jd ketagihan pilemnya Kubricks. Belum lama ini, gw dipinjemin Full Metal Jacket (1987) yang gak kalah sinting. Terus, waktu blanja DVD di Glodok (gw punya cerita lucu tentang ini, cm lg males nulisnya) gw beli juga Barry Lyndon (1975). Tapi belum sempet ketonton. Karena kadang untuk bisa nonton filmnya Kubricks tuh butuh mood khusus.

Kayak kemaren, gw nonton 2001: A Space Odyssey. Ngeliat kovernya, gw pikir ini film yang gampang dicerna gitu. Abis gambarnya pesawat luar angkasa. Logikanya, seberapa pelik sih film-film kayak gitu? Seberapa susah dipahami sih? Ya kan?

Ternyata, begitu nonton, rasanya pengin nangis. Anjrit, susah banget dicerna.

Mungkin karena gw nonton tanpa mood yg tepat. Maksudnya, pengin cepet selse, pengen cepet ganti bokep. Hehe. Padahal, tuh film alurnya lambat banget. Maksud gw bener2 lambaat. Did I’ve said, lambaaat???

ARRGGGGHH, karena capek, stress, dan gak sabaran. Belum juga nyampe ending, gw dengan kalapnya langsung mengganti tuh film dengan bokep. Dan, masih belum juga nyantol di otak, apa maksud tuh film. Hihihi.

Ternyata, tuh film dibikin tahun 1968 lho. Gila juga ya imajinasi si Kubrick. Bisa memvisualisasikan teknologi yang demikian canggih. Mulai spaceshipnya, sampe desain2nya, sampe efeknya.

Buset dah. Gara2 spesial efek itu, anggaran USD 6 juta jadi membengkak sampai USD 10 juta lebih. Bajigur! Melihat film yang non-komersil kayak gitu, Kubrick bener2 gilah ya.

Katanya :
“If 2001 has stirred your emotions, your subconscious, your mythological yearnings, then it has succeeded.”

Aduh pak. Boro-boro nyentuh emosi, orang critanya aja gw kagak paham. Hehehe. Kayaknya perlu ditonton ulang, dengan mood yg tepat tentunya. Ehm.

Ohya, desain blog gw skarang ini masih pengin gw ganti lagi. Masih jelek ya keliatannya?

2 comments:

Anonymous said...

iya jelek banget. abis jarang diperbarui sih isinya. udah gitu pas cursor tanpa sengaja menyentuh Profile langsung muncul foto penampakan dunia lain. bikin ilfil saja. mending desain yang dulu. yang gak ada fotomu :p

Anonymous said...

iya nih aku jadi ikut2an ayi bilang jelek.krn mang jelek n ga bikin enak diperhatiin.
gw setuju yg kemaren aja,krn lebih simpel gitu looh.

best regards
uwie